16/04/2024

Bawaslu Babel

Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Sahirin Ajak KPU dan Bawaslu Bangun Sinergisitas Terkait Pungut Hitung

2 min read

Ditulis oleh Syahril pada Selasa, 16 Januari 2024

Belitung, Bawaslu.babel — Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Sahirin, mengajak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu setempat untuk membangun sinergisitas yang kuat terkait dengan proses pemungutan dan penghitungan surat suara dalam pemilu mendatang. Hal tersebut ia sampaikan saat memberi arahan pada kegiatan Ketua Panwaslu Kecamatan se- Kabupaten Belitung, di ruang rapat Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Belitung, Senin (05/01/2024).
”Peran Bawaslu sebagai pengawas merupakan satu kesatuan fungsi penyelenggara pemilu, oleh karena itu pentingnya sinergitas dan komunikasi yang baik antara penyelenggara pemilu akan menjadikan pemilu ke depan lebih baik. “KPU dan Bawaslu ini sama, kita dalam satu kesatuan fungsi penyelenggara pemilu yang goalnya sama, meskipun core business-nya berbeda,” jelas Sahirin.

Sahirin menyatakan komitmennya untuk memperkuat kerja sama antara Bawaslu, KPU, dan pihak terkait lainnya. Beliau menekankan pentingnya koordinasi yang baik untuk memastikan pemilu berlangsung adil, transparan, dan bebas dari kecurangan.

Ia juga menyoroti beberapa langkah konkret yang dapat diambil untuk mencapai sinergisitas yang diinginkan, seperti mengusulkan adanya rapat koordinasi rutin antara KPU dan Bawaslu sebagai wadah untuk berbagi informasi, membahas persiapan, serta mengevaluasi langkah-langkah yang telah diambil.

Mengusulkan pelatihan bersama untuk petugas pemilu dari KPU dan Bawaslu guna memastikan pemahaman yang seragam tentang proses pemungutan dan penghitungan suara.

Dalam merespons hal tersebut tersebut, Komisioner KPU dan Anggota Bawaslu menyambut baik usulan Anggota Bawaslu Babel tersebut dan menegaskan kesiapan mereka untuk bekerja sama dalam upaya meningkatkan kualitas dan integritas pelaksanaan pemilu di Provinsi Bangka Belitung. Mereka sepakat bahwa sinergi antara lembaga pemilihan dan pengawas pemilu adalah kunci keberhasilan penyelenggaraan demokrasi yang sehat dan akuntabel.

Turut hadir sebagai narasumber Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung, Yerry Larona, Komisioner KPU Kabupaten Belitung, Heri Wibowo dan Yossy dan Ketua dan Koordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Belitung.

Foto : Syahril
Editor : Rogrius Sinulingga

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Skip to content