16/04/2024

Bawaslu Babel

Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bawaslu Babel Sampaikan Hasil Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

2 min read

Ditulis oleh Rini Oktavyanti pada Rabu, 7 Februari 2024

Pangkalpinang, Bawaslu Babel — Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar sesi publikasi untuk melaporkan hasil pengawasan kampanye yang telah dilakukan oleh Pengawas Pemilu se-Provinsi. Dalam konferensi pers yang dihadiri oleh sejumlah media, Ketua Bawaslu Babel, EM Osykar, menegaskan komitmen untuk memberikan keterbukaan informasi kepada publik terkait tahapan pemilu.

“Hasil-hasil terkait giat pengawasan wajib diketahui oleh masyarakat guna menjaga integritas dan profesionalitas kita dalam mengemban amanah UU 7 Tahun 2017,” kata EM Osykar. “Dengan melibatkan media ini menjadi jembatan untuk menyampaikan informasi giat yang telah kami lakukan.”

Menurut EM Osykar, sejak awal tahapan pemilu, Bawaslu Babel telah melakukan pengawasan dengan cermat. Hingga tanggal 5 Februari 2024, tercatat sebanyak 3.551 kegiatan kampanye dilakukan dengan berbagai metode. “Ini giat publikasi yang menjadi komitmen kami untuk keterbukaan informasi yang seharusnya disampaikan kepada publik sejak awal tahapan pemilu,” ungkap EM Osykar.

Dalam laporan yang disampaikan, metode kampanye terbanyak adalah pertemuan tatap muka, dengan jumlah mencapai 2.995 kali. Sementara itu, pertemuan terbatas terbanyak dilaksanakan di Kabupaten Belitung sebanyak 77 kali. Kabupaten Bangka menjadi yang paling banyak dalam melakukan kampanye dengan bentuk kegiatan lainnya, mencapai 99 kali. Ada juga 96 kali kampanye yang dibatalkan oleh peserta pemilu, serta 4.299 buah APK yang melanggar.

Sahirin, anggota Bawaslu Babel, menyampaikan terima kasih atas peran media dalam menyebarkan informasi terkait pemilu. “Potensi pelanggaran pasti ada, namun kami memaksimalkan fungsi pencegahan,” ujarnya. Turut hadir dalam konferensi pers tersebut adalah Jafri dan Davitri, anggota Bawaslu Babel, yang juga menyampaikan perkembangan proses tahapan pemilu kepada peserta yang hadir.

Sementara itu, Novrian Saputra, anggota Bawaslu Babel, menekankan pentingnya mematuhi masa tenang dengan tidak memasang iklan kampanye. “Kami mengimbau media cetak online maupun elektronik untuk memperhatikan tidak adanya pemasangan iklan kampanye dimasa tenang,” kata Novrian.

Sama halnya Jafri dan Davitri, Anggota Bawaslu Babel yang juga memaparkan kesiapan dan perkembangan pengawasan Pemilu 2024 terutama kesiapan dalam pengadaan dan distribusi logistik serta penyelesaian sengketa. Dengan rapat publikasi ini, Bawaslu Babel berkomitmen untuk menjaga keterbukaan informasi dan memastikan pemilu berlangsung dengan jujur, adil, dan transparan, sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

Foto : Syahril
Editor : Rogrius Sinulingga

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Skip to content