16/04/2024

Bawaslu Babel

Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bawaslu Babel Awasi Penyerahan Terakhir Berkas Calon

2 min read

Bawaslu Babel – Pilgub Babel 2017 : Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bawaslu Babel), Zul Terry Apsupi meminta KPU (Komisi Pemilihan Umum) tidak melakukan pendzholiman terhadap Paslon (Pasangan Calon) gubnernur/wakil gubernur yang maju dalam Pilkada Babel 2017. Hal ini dikatakan Terry kepada wartawan di Sekretariat KPU Babel usai melakukan pengawasan penyerahan berkas perbaikan empat Paslon, tadi malam. Terry berharap KPU dapat bekerja secara profesional dan proporsional dalam memverifikasi berkas paslon. “Semua sudah dicocokkan dan dinyatakan clear pada malam ini, tinggal menunggu KPU. Dan kita sudah meminta berkas dari KPU soal kekurangannya, jadi besok menunggu dari KPU,” ujar Terry.

Dari pengawasan Bawaslu Babel kata Terry, data yang dicontreng dan adanya perbaikan sudah dilakukan. Namun begitu pihak Bawaslu tetap akan melakukan pengecekan ulang. “Kita akan cek ulang, kroscek akan terus dilakukan agar tidak ada pendzholiman masing-masing paslon. Sementara setelah hasil pencocokan ini, belum ada yang bisa kita temukan, kecuali kita sudah dapat data dari perbaikan ini,” tuturnya. “Setelah ini, akan dilakukan verifikasi. Kalau berkasnya tidak lengkap, akan menjadi TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Segala sesuatu tinggal di KPU. Kepada KPU harus profesioanl dan proporsional dalam menangani persoalan seperti ini. Semua Paslon kita kawal, tidak ada satupun yang tidak kita kawal, tidak ada perbedaan,” tukasnya. Sementara itu, Komisioner KPU Babel Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu Babel, Guid Cardi kepada wartawan semalam menyampaikan, bahwa pihaknya sudah memberikan tenggang waktu selama tiga hari kepada bakal Paslon untuk memperbaiki syarat calon. “KPU berikan waktu tiga hari untuk memperbaiki berkas syarat calon para bakal Paslon yang akan maju dalam Pilgub 2017. Dan hari ini (tadi malam-red) sampai pukul 24.00 WIB batas akhir perbaikan,” ujar Guid.http://www.rakyatpos.com/bawaslu-minta-paslon-pilgub-tak-dizholimi.html

Diakuinya, empat Paslon sudah menyerahkan seluruh perbaikan, kendati pada saat penyerahan masih ada berkas dari Paslon yang belum lengkap, namun telah dilengkapi. “Semua Paslon sudah menyerahkan perbaikan berkas syarat calon. Memang pada saat tadi sore tim penghubung menyerahkan syarat masih ada yang belum lengkap seperti foto, nah itu kita tetap tunggu hingga malam ini (semalam-red),” katanya. Disinggung Paslon yang belum mengajukan surat pengunduran diri, Guid menjelaskan bahwa surat pengunduran diri dari PNS berlaku pada saat bakal Paslon sudah ditetapkan. “Surat pengunduran diri itu, berlaku ketika sudah ditetapkan dan akan kita tunggu hingga 60 hari surat pengunduran diri dikeluarkan,” jelasnya. Terpisah, Syaifulah selaku Ketua Tim Pemenangan Yusron-Yusroni ketika ditanya tadi malam menyampaikan, bahwa saat diberikan berita acara penerimaan oleh KPU, ada kesalahan nama maka dikembalikan lagi oleh pihaknya. “Tapi sudah dibenarkan,” tuturnya singkat. Sedangkan tim penghubung Rustam-Irwansyah yakni Albana menyampaikan, bahwa pada saat penyerahan hasil berkas paslon mereka, memang ada yang kurang yakni surat keterangan pajak. Namun, tadi malam sudah dilengkapi. “Terakhir surat keterangan pajak dan sudah dilengkapi,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Skip to content